Peristiwa isra’ dan mi’raj merupakan salah satu mukjizat Rasulullah saw[1]
yang juga sekaligus ujian keimanan bagi umat Islam. Masih tetap
berimankah setelah mendengar peristiwa itu atau justru menjadi murtad.
Peristiwa isra’ dan mi’raj secara logika biasa pada masa itu memang
menimbulkan berbagai keraguan yang menguji keimanan. Akan tetapi jika
dasar keimanannya memang kuat, maka dapat dengan mudah mengimani
peristiwa tersebut, karena bagi Allah SWT, segala sesuatu itu mungkin,
Allah yang menciptakan dan mengendalikan seluruh alam semesta.[2]
Peristiwa agung tersebut diperingati
setiap tahun di negeri kita, Indonesia. Bahkan tanggal 27 Rajab
ditetapkan sebagai hari libur nasional. Untuk itu, mungkin tidaklah
berlebihan, jika tanggal tersebut dijadikan oleh para tokoh nasional
pada menjelang kemerdekaan RI untuk mendirikan Sekolah Tinggi Islam
(STI) yang kini menjadi Universitas Islam Indonesia sebagai bentuk
pengagungan pada peristiwa tersebut. Namun demikian, bagaimanakah
pemahaman yang benar terhadap peristiwa tersebut? Untuk menjawabnya,
tulisan ini mencoba mengkaji ayat dan hadits-hadits yang berkaitan
dengan isra’ dan mi’raj beserta pandangan para ulama yang mu’tabar.
Isra’ dan Mi’raj dalam al-Qur’an
Di dalam QS. al-Isrâ’[17] :1 Allah menjelaskan tentang isra’:
سُبْحَانَ الَّذِى أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِى بَارَكْنَا لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّهُ هُوَالْسَمِيْعُ الْبَصِيْرُ
“Maha Suci Allah, yang telah
memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad SAW) pada suatu malam dari
Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya,
agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)
Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS al-Isrâ [17]: 1)
Informasi yang kita peroleh dari ayat
tersebut di atas adalah bahwa Allah telah memperjalankan hamba-Nya di
suatu malam. Yang dimaksud dengannya ‘abdihi (hamba-Nya) adalah Rasulullah saw, dalam hal ini tidak ada perbedaan di kalangan mufassir. Kata ‘abdihi itu -bagi sebagian mufassir- sekaligus juga menunjukkan bahwa yang di-isra’-kan itu melibatkan ruh dan jasad beliau.[3] Namun hakikatnya hanya Allah yang tahu.
Kata al-isrâ’ sesungguhnya mengandung pengertian perjalanan di malam hari. Berbeda dengan safar yang maknanya lebih umum. Ketika disebutkan kata layl[an] (malam hari), maka berarti sebagai ta’kîd (penegas). Ini menunjukkan makna bahwa tempo perjalanan isra’ itu singkat yaitu hanya sebagian waktu malam.
Tujuan perjalanan isra’ itu dijelaskan dengan kata: linuriyahu min âyâtinâ (agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda [kebesaran] Kami). Kata âyâtinâ adalah berbagai keajaiban yang menjadi tanda kekuasaaan dan kebesaran Allah SWT, di bumi dan di langit. Ditambahkannya kata min sebelum âyâtinâ adalah li al-tab’îdh
(untuk menunjukkan sebagian), berarti tanda yang ditunjukkan kepada
Rasulullah saw itu hanya sebagian saja, tidak seluruhnya. Di antaranya
adalah yang disebutkan oleh berbagai hadits sahih tentang perjalanan
isra’ dan mi’raj.
Dan tentang mi’raj Allah menjelaskan dalam QS. al-Najm:7-18,
وَهُوَباِلْأُفُقِ الْأَعْلىَ (٧) ثُمَّ دَنَا فَتَدَلَّى (٨) فَكَانَ قَابَ قَوْسَيْنِ أَوْ أَدْنَى (٩) فَأَوْحَى إِلَى عَبْدِهِ مَا أَوْحَى (١٠) مَا كَذَبَ اْلفُؤَادُ مَا رَأَى (١١) أَفَتُمَارُوْنَهُ عَلَى مَايَرَى (١٢) وَلَقَدْ رَءَاهُ نَزْلَةً أُخْرَى (١٣) عِنْدَ سِدْرَةِ اْلمُنْتَهَى (١٤) عِنْدَهَا جَنَّةُ اْلمَأْوَى (١٥) إِذْيَغْشَى الْسِّدْرَةَ مَايَغْشَى (١٦) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (١٧) لَقَدْ رَأَى مِنْ ءَايَاتِهِ اْلكُبْرَى (١٨)
“Sedang Dia berada di ufuk yang tinggi. Kemudian Dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi.
Maka jadilah Dia dekat (pada
Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). Lalu
Dia menyampaikan kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang telah Allah
wahyukan. Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya. Maka
apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah
dilihatnya? Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam
rupanya yang asli) pada waktu yang lain. (yaitu) di Sidrat al-Muntaha.
Di dekatnya ada surga tempat tinggal. (Muhammad melihat Jibril) ketika
Sidrat al-Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya
(Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula)
melampauinya. Sesungguhnya Dia telah melihat sebahagian tanda-tanda
(kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (QS al-Najm [53]: 7-18)
Sidrat al-Muntaha secara harfiah berarti
tumbuhan sidrah yang tak terlampaui yang berada di langit ke enam atau
tujuh, suatu perlambang batas yang tak seorang manusia atau makhluk
lainnya bisa mengetahui lebih jauh lagi. Hanya Allah yang tahu hal-hal
yang lebih jauh dari batas itu. Sedikit sekali penjelasan dalam
al-Qur’an dan al-Hadits yang menerangkan apa, di mana, dan bagaimana
Sidrat al-Muntaha itu. Akan tetapi secara jelas dikatakan oleh Qurtubi
bahwa hadits tentang itu sahih dari Bukhari.[4]
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُوْلٍ كَرِيْمٍ (١٩) ذِىْ قُوَّةٍ عِنْدَ ذِىْ الْعَرْشِ مَكِيْنٍ (٢٠) مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِيْنٍ (٢١) وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُوْنٍ (٢٢) وَلَقَدْ رَءَاهُ بِالْأُفُقِ الْمُبِيْنِ (٢٣) وَهُوَ عَلَى اْلغَيْبِ بِضَنِيْنٍ (٢٤
“Sesungguhnya al-Qur’an itu
benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),
yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah
yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi
dipercaya. Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang
gila, dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang.
dan dia (Muhammad) bukanlah orang yang bakhil untuk menerangkan yang
ghaib.” (QS al-Takwir [81]: 19-23).
Beberapa ayat tersebut di atas
menggambarkan secara jelas bahwa isra’ dan mi’raj Rasulullah saw
diabadikan dalam al-Qur’an, ini menunjukkan bahwa peristiwa tersebut
benar-benar terjadi dan wajib bagi kita untuk mempercayainya.
Kisah Isra’ dan Mi’raj dalam al-Hadits
Kejadian-kejadian sekitar isra’ dan
mi’raj dijelaskan di dalam hadits-hadits nabi. Namun harus diakui bahwa
keterangan seputar isra’ mi’raj penuh dengan misteri, rahasia, teka
teki, dan kontroversi.[5]
Tentang kebenaran yang sejatinya seperti apa, hanya Allah dan
Rasululllah yang paling tahu. Hal penting yang pasti disepakati bahwa
isra’ dan mi’raj adalah benar terjadi dan merupakan mukjizat Rasul yang
wajib umat Islam beriman kepadanya. Menurut Tafsir al-Qurtuby, lebih
kurang ada 20 sahabat yang meriwayatkan tentang isra’, semua penulis
kitab hadits mencantumkan tentang hadits isra’. Menurut dia, kebanyakan
haditsnya mutawatir dan shahih, diantaranya yang diriwayatkan Anas Bin
Malik.[6]
Di antara cerita yang diceritakan dalam hadits adalah sebagai berikut:
رواية أنس، رضي الله عنه، عن مالك بن صَعْصَعَة:
قال الإمام أحمد: حدثنا عفان، حدثنا هَمَّام، قال: سمعت قتادة يحدث عن أنس
بن مالك: أن مالك بن صعصعة حدثه: أن نبي الله صلى الله عليه وسلم حدثهم عن
ليلة أسري به، قال: “بينما أنا في الحطيم -وربما قال قتادة: في
الحجر-مضطجعًا إذ أتاني آت” فجعل يقول لصاحبه الأوسط بين الثلاثة، قال:
“فأتاني فقدّ -وسمعت قتادة يقول: فشق-ما بين هذه إلى هذه”. وقال قتادة:
فقلت للجارود وهو إلى جنبي: ما يعني؟ قال: من ثغرة نحره إلى شِعْرته، وقد
سمعته يقول: من قَصَّته إلى شِعْرَته قال: “فاستخرج قلبي” قال: “فأتيت بطست
من ذهب مملوء إيمانًا وحكمة فغسل قلبي ثم حشى، ثم أعيد. ثم أتيت بدابة دون
البغل وفوق الحمار أبيض” قال: فقال الجارود: وهو البراق يا أبا حمزة؟ قال:
نعم، يقع خطوه عند أقصى طرفه. قال: “فحملت عليه، فانطلق بي جبريل، عليه
السلام، حتى أتى بي إلى السماء الدنيا، فاستفتح فقيل: من هذا؟ قال: جبريل.
قيل: ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد أرسل إليه؟ قال: نعم. فقيل: مرحبًا به،
ولنعم المجيء جاء” قال: “ففتح فلما خلصت، فإذا فيها آدم، عليه السلام،
فقال: هذا أبوك آدم، فسلم عليه، فسلمت عليه، فرد السلام، ثم قال: مرحبًا
بالابن الصالح والنبي الصالح. ثم صعد حتى أتى السماء الثانية، فاستفتح
فقيل: من هذا؟ قال : جبريل. قيل: ومن معك؟ قال: محمد قيل : أوقد أرسل
إليه؟ قال: نعم. قيل: مرحبًا به ولنعم المجيء جاء”، قال: “ففتح، فلما خلصت،
فإذا يحيى وعيسى وهما ابنا الخالة. قال: هذا يحيى وعيسى، فسلم عليهما.
قال: فسلمت فردا السلام ثم قالا مرحبا بالأخ الصالح والنبي الصالح.
ثم صعد حتى أتى السماء الثالثة فاستفتح، فقيل: من هذا؟ قال: جبريل. قيل:
ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد أرسل إليه؟ قال: نعم. قيل: مرحبًا به ولنعم
المجيء جاء”. قال: ففتح فلما خلصت، فإذا يوسف ، عليه السلام، قال: هذا
يوسف قال: “فسلمت عليه، فرد السلام ثم قال: مرحبًا بالأخ الصالح والنبي
الصالح.ثم صعد حتى أتى السماء الرابعة، فاستفتح، فقيل: من هذا؟ قال: جبريل.
قيل: ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد أرسل إليه؟ قال: نعم. قيل: مرحبًا
به، ولنعم المجيء جاء” قال: “ففتح فلما خلصت فإذا إدريس، قال: هذا إدريس
فسلم عليه”. قال: “فسلمت عليه. فرد السلام ، ثم قال: مرحبًا بالأخ الصالح
والنبي الصالح”. قال: “ثم صعد حتى أتى السماء الخامسة فاستفتح، فقيل: من
هذا؟ قال: جبريل. قيل: ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد أرسل إليه؟ قال: نعم.
قيل: مرحبًا به ولنعم المجيء جاء”. قال: “ففتح، فلما خلصت، فإذا هارون،
عليه السلام، قال: هذا هارون فسلم عليه. قال: فسلمت عليه فرد السلام ، ثم
قال: مرحبًا بالأخ والنبي الصالح”. قال: “ثم صعد حتى أتى السماء السادسة
فاستفتح، فقيل: من هذا؟ قال: جبريل. قيل: ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد
أرسل إليه؟ قال: نعم. قيل: مرحبًا به ولنعم المجيء جاء. ففتح، فلما خلصت،
فإذا أنا بموسى، قال: هذا موسى، عليه السلام، فسلم عليه، فسلمت عليه، فرد
السلام ثم قال: مرحبًا بالأخ الصالح والنبي الصالح”. قال: “فلما تجاوزته
بكى. قيل له: ما يبكيك؟ قال: أبكي لأن غلامًا بعث بعدي، يدخل الجنة من أمته
أكثر مما يدخلها من أمتي”. قال: “ثم صعد حتى أتى السماء السابعة فاستفتح،
قيل: من هذا؟ قال: جبريل. قيل: ومن معك؟ قال: محمد. قيل: أوقد أرسل إليه؟
قال: نعم. قيل: مرحبًا به ولنعم المجيء جاء”. قال: “ففتح، فلما خلصت، فإذا
إبراهيم، عليه السلام. فقال: هذا إبراهيم، فسلم عليه”. قال: “فسلمت عليه،
فرد السلام ، ثم قال: مرحبًا بالابن الصالح والنبي الصالح”. قال: ثم رفعت
إلي سدرة المنتهى فإذا نبقها مثل قِلال هَجر، وإذا ورقها مثل آذان الفيلة،
فقال: هذه سدرة المنتهى”. قال: “وإذا أربعة أنهار: نهران باطنان ونهران
ظاهران، فقلت: ما هذا يا جبريل؟ قال: أما الباطنان فنهران في الجنة، وأما
الظاهران فالنيل والفرات”. قال: ثم رفع إلي البيت المعمور. قال قتادة:
وحدثني الحسن، عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه رأى البيت
المعمور يدخله كل يوم سبعون ألف ملك، ثم لا يعودون فيه.
ثم رجع إلى حديث أنس [قال: "ثم] أتيت بإناء من خمر وإناء من لبن وإناء من
عسل”. قال: “فأخذت اللبن، قال: هذه الفطرة وأنت عليها وأمتك”. قال: “ثم
فرضت الصلاة خمسين صلاة كل يوم”. قال: “فنزلت حتى انتهيت إلى موسى، قال ما
فرض ربك على أمتك؟” قال: “قلت خمسين صلاة كل يوم. قال: إن أمتك لا تستطيع
خمسين صلاة، وإني قد خبرت الناس قبلك وعالجت بني إسرائيل أشد المعالجة،
فارجع إلى ربك فاسأله التخفيف، عن أمتك “. قال: “فرجعت فوضع عني عشرًا،
قال: فرجعت إلى موسى، فقال: بم أمرت؟ قلت: بأربعين صلاة كل يوم. قال: إن
أمتك لا تستطيع أربعين صلاة كل يوم، وإني قد خبرت الناس قبلك وعالجت بني
إسرائيل أشد المعالجة، فارجع إلى ربك فاسأله التخفيف لأمتك. قال: فرجعت
فوضع عني عشرًا أخر. فرجعت إلى موسى فقال: بم أمرت؟ فقلت: أمرت بثلاثين
صلاة. قال: إن أمتك لا تستطيع ثلاثين صلاة كل يوم، وإني قد خبرت الناس
قبلك، وعالجت بني إسرائيل أشد المعالجة، فارجع إلى ربك فاسأله التخفيف
لأمتك”. قال: “فرجعت فوضع عني عشرًا أخر، فرجعت إلى موسى فقال: بم أمرت؟
قلت: بعشرين صلاة كل يوم. فقال: إن أمتك لا تستطيع لعشرين صلاة كل يوم،
وإني قد خبرت الناس قبلك، وعالجت بني إسرائيل أشد المعالجة، فارجع إلى ربك
فاسأله التخفيف لأمتك”. قال: “فرجعت فوضع عني عشرًا أخر، فرجعت إلى موسى
فقال: بم أمرت؟ فقلت: أمرت بعشر صلوات في كل يوم. فقال: إن أمتك لا تستطيع
لعشر صلوات كل يوم، وإني قد خبرت الناس قبلك، وعالجت بني إسرائيل أشد
المعالجة، فارجع إلى ربك فاسأله التخفيف لأمتك”. قال: “فرجعت فأمرت بخمس
صلوات كل يوم، فرجعت إلى موسى فقال: بم أمرت؟ فقلت: أمرت بخمس صلوات كل
يوم. فقال: إن أمتك لا تستطيع لخمس صلوات كل يوم وإني قد خبرت الناس قبلك
وعالجت بني إسرائيل أشد المعالجة، فارجع إلى ربك فاسأله التخفيف لأمتك”.
قال: “قلت: لقد سألت ربي [عز وجل] حتى استحييت، ولكن أرضى وأسلم. فنفذت،
فناداني مناد: قد أمضيت فريضتي وخففت عن عبادي”.
وأخرجاه في الصحيحين من حديث قتادة، بنحوه[7] .
Inti dari al-Hadits yang cukup panjang
tersebut adalah sebagai berikut, riwayat Anas bin Malik, pada malam
dijalankanannya Rasulullah saw dari masjid al-Haram datanglah kepadanya 3
orang pada saat sebelum turunnya wahyu, sedangkan Rasul pada waktu itu
sedang tidur di masjid al-Haram. Kemudian berkatalah orang yang pertama,
“Siapakah ini? Kemudian orang kedua menjawab, “Dia adalah orang yang
terbaik di antara mereka (kamunya).” Setelah itu berkatalah orang
ketiga, “Ambillah orang terbaik itu.” Pada malam itu Nabi tidak
mengetahui siapa mereka itu, sehingga mereka datang kepada Nabi di alam
yang lain dalam keadaan matanya tidur sedang hatinya tidak tidur.
Demikianlah para Nabi, meskipun mata mereka terpejam, namun hati mereka
tidaklah tidur. Sesudah itu, rombongan tadi tidak berbicara sedikitpun
kepada Nabi sehingga saatnya mereka membawa Nabi dan meletakannya di
sekitar sumur zam-zam. Kemudian Jibril-lah di antara mereka yang
menguasai diri Nabi, lalu Jibril membelah bagian tubuh, antara leher
sampai hatinya, sehingga kosonglah dadanya. Sesudah itu Jibril mencuci
hati Nabi dengan air zam-zam dengan menggunakan tanganya, sehingga
bersihlah hati beliau. Kemudian Jibril membawa talam yang terdapat di
dalamnya bejana emas yang berisi iman dan hikmah. Kemudian dituangkanlah
isi bejana itu membubuhi dada beliau dan urat-urat tenggorokannya.
Kemudian naik menuju ke langit dunia.
Menurut berbagai riwayat, ketika itu Nabi menaiki Buraq.
Ketika Nabi tiba di langit dunia, berkatalah Jibril kepada penjaga
langit, “Bukalah.” Penjaga langit itu bertanya, “Siapakah ini?” Ia
(Jibril) menjawab, “Ini Jibril.” Penjaga langit itu bertanya, “Apakah
Anda bersama seseorang?” Ia menjawab, “Ya, aku bersama Muhammad saw.”
Penjaga langit itu bertanya, “Apakah dia diutus?” Ia menjawab, “Ya,
ketika penjaga langit itu membuka, kami menaiki langit dunia. Di sana
dijumpainya Nabi Adam yang dikanannya berjejer para ruh ahli surga dan
di kirinya para ruh ahli neraka. Perjalanan diteruskan ke langit ke dua
sampai ke tujuh. Di langit ke dua dijumpainya Nabi Isa dan Nabi Yahya.
Di langit ke tiga ada Nabi Yusuf. Nabi Idris dijumpai di langit ke
empat. Lalu Nabi saw bertemu dengan Nabi Harun di langit ke lima, Nabi
Musa di langit ke enam, dan Nabi Ibrahim di langit ke tujuh. Di langit
ke tujuh dilihatnya Bayt al-Ma’mur, tempat 70.000 malaikat shalat tiap harinya, setiap malaikat hanya sekali memasukinya dan tak akan pernah masuk lagi.
Perjalanan dilanjutkan ke Sidrat
al-Muntaha. Dari Sidrat al-Muntaha didengarnya kalam-kalam (pena). Dari
Sidrat al-Muntaha dilihatnya pula empat sungai, dua sungai non-fisik
(bathin) di surga, dua sungai fisik (dhahir) di dunia sungai Effrat dan
sungai Nil. Lalu Jibril membawa tiga gelas berisi khamr, susu, dan madu,
dipilihnya susu. Jibril pun berkomentar, “Itulah (perlambang) fitrah
(kesucian) engkau dan ummat engkau.” Jibril mengajak Nabi melihat surga
yang indah. Inilah yang dijelaskan pula dalam al-Qur’an surat al-Najm.
Di Sidrat al-Muntaha itu pula Nabi melihat wujud Jibril yang sebenarnya.
Puncak dari perjalanan itu adalah
diterimanya perintah shalat wajib. Mulanya diwajibkan salat lima puluh
kali sehari-semalam. Atas saran Nabi Musa, Nabi saw meminta keringanan
dan diberinya pengurangan sepuluh-sepuluh setiap meminta. Akhirnya
diwajibkan lima kali sehari semalam. Nabi enggan meminta keringanan
lagi, “Saya telah meminta keringan kepada Tuhanku, kini saya rela dan
menyerah.” Maka Allah berfirman, “Itulah fardhu-Ku dan Aku telah
meringankannya atas hamba-Ku.”
Hadis tentang isra’ dan mi’raj dari
riwayat Anas bin Malik yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari selain dari
Sa’sa’ah ada yang dari Abu Dzar. Sedangkan hadis riwayat Anas bin Malik
tentang isra’ dan mi’raj yang lain dari Ubay bin Ka’ab al-Anshari
diriwayatkan Imam Ahmad.[8] Secara umum, ringkas ceritanya hampir sama. Imam Muslim meriwayatkan hadits yang juga relatif sama, berbeda urutan saja.
Imam Ahmad juga meriwayatkan hadis isra’
dan mi’raj dari Jabir Bin Abdullah dan Huzaifah bin al-Yaman r.a. yang
derajatnya hadits hasan. Substansi isi haditsnya lebih sedikit, di
antaranya cerita tentang kendaraan buraq dan kewajiban shalat, tidak
sampai tentang bertemu para Nabi terdahulu.[9]
Sedangkan Imam Baihaqi meriwayatkan
hadits isra’ dan mi’raj dari Abi Sa’id Sa’d bin Malik dan Abdullah bin
Mas’ud yang juga menceritakan tentang kendaraan Nabi yang disebut Buraq,
tentang naik ke langit beberapa tingkat berikut pertemuan dengan para
Nabi terdahulu, dan perintah menjalankan shalat. [10]
Sedangkan Imam Turmuzi meriwayatkan
hadits isra’ dan mi’raj dari Saddad bin Aus yang juga menceritakan
tentang kendaraan Nabi yang disebut Buraq, dan tentang Nabi shalat di
Bayt Lahm.[11] Menurut Imam Ibnu Kasir, tentang Nabi melaksanakan shalat di Bayt Lahm adalah hadits munkar.
Cukup banyak riwayat hadits tentang
isra’ dan mi’raj, namun hadits yang menurut Syekh al-Albani adalah tidak
sah adalah yang memuat hal-hal sebagai berikut:
- Shalat sebelum isra mi’raj
- Isra dengan pakaian mutiara dan pelana emas
- Shalat di tempat didirikannya Masjid Damaskus
- Nabi-nabi yang meninggal shalat selama empat puluh hari di kuburnya
- Jibril berisyarat dengan jarinya sehingga terbelahlah batu
- Tiang-tiang putih seperti permata untuk al-Kitab
- Gambaran azab orang yang disiksa di neraka yang diperlihatkan kepada rasul saat mi’raj, azab bagi pemakan riba, azab bagi pezina, pengumpat, dan pencela, azab bagi pencaci makan
- Adanya tulisan di bawah Arsy tentang Ali bin Abi Thallib
- Adanya tulisan di pintu surga
- Fathimah berasal dari buah pohon surga
- Asal-usul mawar
- Jibril mengimami Rasulullah ketika shalat[12]
Penutup
Berdasarkan paparan singkat tersebut di
atas, nyatalah bahwa hakikat perjalanan isra’ mi’raj itu hanya Allah dan
Rasul yang tahu, karena nyatanya informasi dari al-Qur’an dan al-Hadis
tidak sampai detail. Sehingga ilmu manusia tak dapat menjabarkan hakikat
perjalanan isra’ mi’raj secara pasti. Dalam QS. al-Isra’[17]: 85 Allah
menegaskan bahwa manusia diberi ilmu sedikit sekali. Oleh karena itu,
hanya dengan iman, kita mempercayai bahwa isra’ dan mi’raj benar-benar
terjadi dan dilakukan oleh Rasulullah saw. Mungkin itulah skenario Allah
untuk menguji keimanan hamba-hamba-Nya. Hal yang jelas dan pasti, bahwa
Allah menyampaikan perintah shalat wajib secara langsung kepada
Rasulullah saw melalui peristiwa isra’ dan mi’raj. Ini menunjukkan
kekhususan dan keistimewaan shalat sebagai ibadah utama dalam Islam.
Salat harus dilakukan oleh setiap muslim, baik dia kaya maupun miskin,
dia sehat maupun sakit, dan harus tepat waktu, tanpa pandang bulu. Wallahu A’lam bi al-Shawwâb.[]
MARÂJI
Al-Baghawi, Ma’alim al-Tanzil, tt, Dar TaybahAl-Ghazali, Syaikh Muhammad, Studi Kritis Atas Hadits Nabi saw antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual (terjemah). (Bandung: Mizan, 1996)
Al-Qurtubi, Syamsuddin, Al-jami’ li Ahkam al-Quran yang dikenal Tafsir al-Qurtuby, Riyad: Dar Alamul Kutub, 2003.
Al-Syaukani, Muhammad, Fathul Qadir
Al-Thabari, Abu Ja’far, Jami’al Bayan fi Tafsir al-Quran (dikenal Tafsir al-Tabari), Muassasah Risalah, 2000.
Bakr, Abdurrahman Bin Abi. tt. Tafsir al-Dar al-Mansur fi Ta’wil Bil Ma’sur.
Katsir, Abi al-Fida Ismail bin Umar Ibn. 2001. Tafsir Ibnu Kasir, Jilid 3. Dar al-Salam li al-Nasyr wa al-Tauzi’: Riyadh
Khudlari, Syekh Muhammd, Tarikh Tasyri’ al-Islamy, Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyyah.
Tp. Al-Quran al-karim Ma’al Tafsir- al-Ishdar al-Khamis, Mauqi’ Ruhul Islam.
tp. Mausu’ah hadis Nabawi al-Syarif, Al-Shahah wa al-Sunan wa al-Masanid, Berisi Shahih Bukhari Muslim, Sunan Turmuzi, Sunan al-Nasa’i, Sunan Abu Dawud, dll total 20 kitab hadis.
Tim Universitas Islam Indonenesia, Al-Quran dan Tafsirnya, Yogyakarta; UII, 1995,
* Dosen tetap Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
[1]
Walaupun dalam QS al-Kahfi: 110 dinyatakan bahwa Muhammad adalah
manusia biasa, akan tetapi beliau diberi wahyu yang menjadikannya
sebagai Nabi dan rasul sehingga memilki keistimewaan yang di antaranya
berwujud dimilikinya berbagai mukjizat, salah satunya isra’ dan mi’raj.
Lihat M Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an, (Bandung: MIzan, 1997), hal. 53
[2] Lihat penjelasan Baiquni terkait peristiwa isra’ dan mi’raj yang menantang IPTEK dalam bukunya. Achmad Baiquni, al-Qur’an, Ilmu Pengnertahuan dan Teknologi. (Yogyakarta: Dana Bhakti wakaf, 1994), hal. 108-117
[3] Lihat al-Qur’an Ma’al-Tafsir yang diterbitkan oleh Mauqi’ Ruhul Islam.
[4] Tafsir al-Qurtubi ketika menjelaskan QS al-Najm: 14
[5] Untuk memahami lebih jauh tentang hadits Nabi, baca buku Syaikh Muhammad al-Ghazali yang diterjemahkan menjadi berjudul Studi Kritis Atas Hadits Nabi saw antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual. (Bandung: Mizan, 1996).
[6] Tafsir al-Qurthuby, ketika menafsirkan surat al-Isra’ ayat 1. Al-Quran al-karim Ma’al Tafsir- al-Ishdar al-Khamis, Mauqi’ Ruhul Islam.
[7] Abi al-Fida Ismail bin Umar bin Katsir, Tafsir Ibnu Kasir, Jilid 3. (Riyad: Dar al-Salam li al-Nasyr wa al-Tauzi’, 2001), hal. 1619-1621
[8] Ibid. h. 1622-1623
[9] Tim Universitas Islam Indonenesia, al-Qur’an dan Tafsirnya, (Yogyakarta; UII Press, 1995), hal. 518.
[10] Ibid 1625-1628
[11] Ibibd 1625-1628
Tidak ada komentar:
Posting Komentar